Film The Commuter

Film ini menandakan kolaborasi keempat antara Liam Neeson dan sutradara Jaume Collet-Serra setelah Unknown (2011), Non-Stop (2014), dan Run All Night (2015).

Film ini bercerita tentang Michael MacCauley (Liam Neeson), seorang pria yang berprofesi sebagai salesman di bidang asuransi, tiap harinya ia menggunakan kereta sebagai alat transportasi. Suatu ketika, ia bertemu dengan wanita misterius bernama Joanna (Vera Farmiga). Wanita tersebut memberikan teka-teki yang ternyata menyeretnya ke dalam sebuah tindakan kejahatan.

Dalam film The Commuter, bintang utama Liam Neeson akan beradu akting dengan Vera Farmiga, yaitu pemeran utama film horor The Conjuring dan Patrick Wilson. Sekilas, film ini terlihat seperti film garapan Kenneth Branagh yang rilis pada November 2017 lalu, yaitu Murder on the Orient Express yang bertempat di dalam sebuah kereta serta memecahkan sebuah teka-teki di dalam sebuah kereta.

Film dibuka dengan kehidupan sehari-hari Michael bersama dengan istri dan anaknya, serta kebiasaannya menaiki kereta ke kantornya. Namun konflik mulai muncul ketika Michael dipecat dari perusahaannya yang sudah diabdinya selama sepuluh tahun. Ia pun harus mencari cara bagaimana membayar uang kuliah untuk anak semata wayangnya serta membiayai kehidupan keluarganya.

Pada scene selanjutnya, dapat dilihat Neeson yang bertemu dengan Joanna (Vera Farmiga), seorang wanita muda yang memberikan tawaran aneh yaitu jika ia bisa mengidentifikasi seseorang bernama Prynne di dalam komuter serta menemukan tas yang dibawanya, maka ia akan diberikan 100 ribu dolar. Namun sebaliknya, apabila ia menolak tawaran tersebut maka keluarganya akan terbunuh.

Liam Neeson yang memerankan karakter Michael MacCauley tetap menunjukkan akting yang sangat mumpuni, walaupun usianya sudah menginjak 65 tahun. Performa yang ditunjukkan Neeson dalam filmnya ini masih sangat baik. Terbukti dalam adegan laga yang ia lakoni sangat lincah.

Siapa pun yang melihat Neeson dalam franchise Taken pasti sudah hafal dengan genre yang seringkali dimainkan oleh Neeson. Film ini didukung oleh pemeran pendukung yang solid, termasuk Vera Farmiga yang hanya tampil dalam beberapa scene, namun kehadirannya menjadi sangat penting. Patrick Wilson yang bermain sebagai sahabat Michael menambah keseruan dengan misteri yang terjadi di dalam dirinya sehingga membuat penonton bertanya-tanya dan curiga.

Dari segi cerita yang disuguhkan, The Commuter tetap memberikan cerita yang sama dengan film-film ala Liam Neeson lainnya seperti Taken dan Non-Stop, seakan penonton sudah bisa menerka apa yang akan terjadi di dalam film yang akan dibintangi oleh Neeson. Untuk segi cerita, mungkin bisa lebih dikembangkan, karena konflik dalam film ini terkesan dipaksakan dan tidak terlalu dijabarkan sehingga penonton harus menyimak betul apa sebenarnya konflik yang terjadi dalam kereta tersebut, cerita hanya berfokus pada adegan laga yang terjadi di kereta tersebut.

Namun dari segala kekurangan dan kelebihan The Commuter, film ini bisa menjadi pilihan nonton kamu.

Mungkin Anda Menyukai