Incredible 2

Memasuki masa liburan, film-film keluarga pun bermunculan. Salah satunya, film Incredibles 2 yang ditunggu-tunggu selama 14 tahun sejak film pertamanya. Yap, film animasi Disney•Pixar ini bisa dibilang enggak hanya menambah penggemar baru, tapi juga bikin penggemar lama bernostalgia.

Film animasi ini mengisahkan Helen alias Elastigirl yang direkrut seseorang untuk membawa para pahlawan super kembali. Sementara itu, Bob melakukan pekerjaan rumah bersama Violet, Dash, dan Jack-Jack yang kekuatan supernya baru akan diketahui. Ada penjahat baru yang muncul untuk mencelakakan semua orang.

Kalau dilihat dari sinopsisnya, seakan konfliknya enggak beda jauh dengan film pertamanya, The Incredibles (2004). Memang, film ini adalah lanjutan cerita dari film pertama. Bahkan, di awal tayangan, lo masih bisa melihat jahatnya The Underminer, villain di film pertamanya yang melanjutkan aksinya.

Sejak awal diproduksi, film Incredibles 2 udah bikin penggemar enggak sabar. Sebenarnya, film ini dijadwalkan rilis pada 2019. Namun, Pixar menukar tanggal rilis Toy Story 4 dengan film ini. Soalnya, proses produksi Incredibles 2 lebih cepat selesai.

Film Incredibles 2 menampilkan cerita yang lebih kompleks. Film ini juga lebih menfokuskan pada sisi pengorbanan tiap anggota keluarga. Karena ceritanya kompleks, tentunya film ini lebih “berisik” daripada film pertamanya.

Walaupun lebih “berisik”, Incredibles 2 enggak kehilangan makna kekelurgaan lewat semiotika pada adegan-adegannya. Mengikuti keluarga Parr yang makin tumbuh dewasa, dialog dan aksi yang ditampilkan juga lebih berani. Lo tenang aja, film ini masih memenuhi nilai universal yang bisa diterima semua umur, kok.

Incredibles 2 masih dibintangi oleh Holly Hunter sebagai pengisi suara Elastigirl dan Craig T. Nelson sebagai Mr. Incredible. Menariknya, keduanya bertukar porsi. Kalau di film pertama lebih fokus pada Mr. Incredible, sekuelnya ini lebih menyoroti Elastigirl. Suara keduanya pun masih menawan.

Anak-anak Incredibles masih disuarakan oleh Sarah Vowell sebagai Violet Parr, putri pertama keluarga Incredibles yang bisa tembus pandang. Lalu, ada Huck Milner sebagai Dash Parr, putra keluarga Incredible yang punya kecepatan superhuman. Kemudian, ada Jack-Jack yang tampaknya memakai efek suara spesial. Lo bakal dibuat gemas dengan suara Jack-Jack!

Enggak lupa, ada Samuel L. Jackson yang kembali sebagai Frozone. Menariknya, hadir pula istri Jackson, LaTanya Richardson Jackson, sebagai Honey Best yang kebetulan adalah istri Frozone. Lalu, ada Brad Bird sebagai Edna Mode dan Jonathan Banks sebagai Rick Dicker.

Ditambah, ada kehadiran karakter baru dalam film kedua ini. Bob Edenkirk sebagai Winston Deavor dan Catherine Keener sebagai Evelyn Deavor. Uniknya, lo enggak hanya disuguhkan oleh superhero dari keluarga Parr dan Frozone. Akan banyak superhero lainnya dengan kekuatan unik yang menghiasi film ini.

Soal visual, Disney dan Pixar masih jadi juara di antara film-film animasi lainnya. Enggak mengherankan kalau film Incredibles 2 “ditahan” hingga 14 tahun. Disney dan Pixar menampilkan visual yang luar biasa. Bahkan, sampai detail-detailnya pun dibikin maksimal. Lo bisa buktiin pas nonton filmnya nanti. Lo juga bisa bandingin dengan film pertamanya.

Enggak hanya itu, efek suara yang disuguhkan lebih campur aduk dari film pertamanya. Lebih banyak ledakan, suara para karakter lebih light, dan tentunya masih menyenangkan. Apalagi, theme song yang bakal menggema sepanjang film dengan berbagai versi. Dijamin, musiknya bakal terngiang-ngiang bahkan setelah lo keluar dari bioskop.

Film ini masih disutradarai oleh Bird yang juga memerankan sebagai Edna Mode. Bird tampak mempertahankan unsur film pertamanya: nuansa keluarga yang peka terhadap sekitarnya, termasuk terhadap kesulitan salah satu anggota keluarga. Bird juga masih mempertahankan sense-nya, yaitu kerap memberikan dialog inspiratif pada adegan pentingnya.

Bisa dibilang, Bird yang juga penulis naskah ini pas dalam memasukkan adegan dan dialog untuk semua kalangan. Film animasi yang enggak hanya ngena buat para orangtua, tapi juga ngasih pelajaran positif untuk anak-anak. Pelabelan rating semua umur pun dirasa tepat.

Selain pengorbanan, film ini ngasih makna mendalam mengenai pengertian sahabat dan keluarga. Seberapa pun lo benci dengan keluarga lo, mereka adalah tempat kembali. Yap, keluarga adalah tempat untuk lo berkeluh kesah. Keluarga adalah segalanya. Begitu pun dengan sahabat.

Seperti biasanya, sebelum lo menikmati film animasi Disney•Pixar, lo bakal disuguhkan dengan film animasi pendek. Kali ini, film berjudul Bao bakal jadi “pemanasan” yang inspiratif. Meskipun film ini berdurasi pendek, nilai moral yang diberikan Bao bisa lo kenang selamanya, sama seperti nilai moral dalam

Nah, mumpung lagi momen libur panjang, lo bisa ajak teman-teman dan keluarga buat nonton bareng Incredibles 2. Sekuel berdurasi 118 menit ini bisa lo jadikan momen family time. Apalagi, rating film ini ditujukan buat semua umur. Jadi, lo bebas ajak siapa pun, termasuk bocah-bocah sekelurahan. Lo juga bisa jadiin momen kedekatan lo dengan keluarga si dia.